Rabu, 31 Januari 2018

Belum makan kalau belum makan nasi

"Yang namanya makan, ya makan nasi. Kalau belum makan nasi, itu namanya belum makan". Meskipun sudah menghabiskan 2 lembar roti, kalau belum makan nasi, ya belum makan. Makan mie, pakai nasi. Sayur sop, ada kentang, tetap pakai nasi. Makan biskuit, tetap harus makan nasi. Begitulah.
.
Diet yang sehat adalah diet yang mencakup keseimbangan zat gizi termasuk zat gizi makro: protein, karbohidrat, dan lemak. Mengurangi atau meningkatkan salah satu dari zat gizi ini dapat berdampak pada tubuh.
.
Mengurangi karbohidrat ke tingkat yang sangat rendah misalnya, dapat menyebabkan tubuh menggunakan protein dan lemak sebagai bahan bakar (diet yang sedang ngetren). Sebaliknya, kelebihan glukosa darah dapat menimbulkan hiperglikemia yang bila berlangsung terus meningkatkan risiko penyakit diabetes atau kencing manis.
.
Anjuran konsumsi karbohidrat Indonesia adalah sebesar 55-65% dari total energi. Angka anjuran ini tentu berbeda di setiap negara. Banyak faktor yang mempengaruhi.
.
Berdasarkan pesan gizi seimbang keempat, konsumsi makanan pokok haruslah beragam. Bukan hanya nasi, kecukupan karbohidrat juga bisa didapat dari makanan sumber karbohidrat yang lain.
.
.
💡Punya pertanyaan seputar diet & gizi? Silahkan kirim pesan. Pertanyaan yang terpilih akan dijawab pada postingan selanjutnya.


Bagikan

Jangan lewatkan

Belum makan kalau belum makan nasi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Semoga Anda mendapatkan inspirasi. Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.